Memiliki pekerjaan yang dapat memberikan penghasilan tetap setiap bulan tentunya membuat Anda merasa aman dan tenang. Namun, seiring berjalannya waktu kebutuhan hidup terus bertambah dan harga bahan-bahan pokok terus naik, sehingga Anda membutuhkan pemasukan tambahan di luar gaji bulanan.

usaha sampingan di rumah

Solusi terbaik untuk menghadapi kondisi ini adalah dengan menjalankan usaha sampingan di rumah. Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk menyewa tempat lagi, tinggal menyiapkan modal untuk membeli bahan baku dan peralatannya saja.

Modal sudah ada tapi bingung nih mau buka usaha apa ?

Tidak perlu bingung dan ragu, berikut ini ada 5 jenis usaha sampingan di rumah yang mudah dijalankandari rumah.

Sosis Bakar dan Minuman Kemasan

Usaha ini mulai diminati banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak modal dan cukup menggunakan tempat yang tidak terlalu luas. Bahan bakunya juga tidak sulit didapatkan, untuk sosis mentahnya bisa dibeli di pasar tradisional. Sedangkan untuk minuman kemasan bisa dibeli di agen grosir terdekat.

Cukup dengan modal Rp 500.000 saja Anda sudah bisa memulai usaha sampingan ini. Target pasarnya juga sangat luas, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Jualan Aksesoris Handphone

Semakin tingginya pengguna handphone di Indonesia maka tingkat permintaan aksesoris handphone juga semakin bertambah. Beberapa aksesoris yang laris terjual yaitu capdase, silicon hp, gantungan, tongsis, kamera eksternal, dan lainnya.

Modal untuk menjalankan usaha ini mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 10 juta. Sedangkan untuk penjualannya bisa dilakukan secara online atau bisa juga dengan membuka konter di halaman rumah Anda.

Usaha Pakaian Anak

Usaha sampingan berikutnya yang juga mudah dijalankan adalah jualan baju anak. Permintaan pakaian anak cukup tinggi, mulai dari kaos, kemeja, kerudung, hingga baju gamis. Tidak harus membuat konveksi untuk memulai usaha ini, Anda bisa membelinya di pusat grosir pakaian kemudian jual lagi secara eceran.

Modal yang dibutuhkan relatif, mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 20 Juta tergantung berapa banyak pakaian yang mau Anda jual. Untuk tempatnya, Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah untuk dibuat stand penjualan.

Katering Makanan

Setiap acara seperti pernikahan, ulang tahun, acara kantor, kegiatan kampus pasti menggunakan layanan katering makanan untuk konsumsinya. Itulah alasannya kenapa usaha katering makanan disebut sangat potensial.

Modal awalnya bisa dengan memanfaatkan pembayaran DP atau uang muka dari konsumen, untuk pelunasannya bisa dibayar setelah acara selesai, ada baiknya jika Anda membuat kesepakatan terlebih dahulu dengan konsumen agar tidak terjadi masalah nantinya.

Buatlah brosur untuk mempromosikan katering milik Anda dan sebarkan di perkantoran, sekolahan, perumahan dan kampus. Selain itu, Anda juga bisa melakukan promosi secara online agar bisa menjangkau pembeli dari seluruh wilayah.

Usaha Sampingan di Rumah Jualan Nasi Uduk

Nasi uduk merupakan kuliner khas yang sangat disukai banyak orang. Biasanya, nasi uduk dijual pada pagi dan malam hari. Cara pembuatannya juga tidak terlalu sulit, bahan baku untuk membuat lauknya juga sangat mudah ditemukan.

Modal yang dibutuhkan mulai dari Rp 500.000 untuk skala kecil hingga Rp 50 juta untuk skala rumah makan atau restoran.

Demikian informasi mengenai 5 jenis usaha sampingan di rumah yang mudah dijalankan. Semoga Anda tidak kesulitan lagi untuk mencari ide usaha setelah membaca informasi ini.

Buatlah komitmen untuk serius menjalankan usaha ini walaupuan hanya sampingan yang penting rutin dijalankan, jangan kebanyakan tutup. Selamat mencoba…!!!