Konsep Pemasaran di dunia bisnis sudah bukan menjadi hal baru lagi. Sebuah konsep pemasaran dibutuhkan untuk membuat segala hal dalam aktivitas bisnis bisa berjalan dengan baik sesuai rencana dan harapan.

Kita akan membahas beberapa jenis Konsep Pemasaran berikut juga hal-hal dasar yang penting untuk di ketahui.

konsep pemasaran

Dalam membuat konsep untuk sebuah aktivitas pemasaran, Kita harus bisa mengusahakan beberapa hal.

Biaya Produksi yang tidak membengkak, harga modal yang lebih murah juga kemudahan distribusi Produk. Nah, tentunya semua hal itu membutuhkan strategi pemasaran yang tepat & bagus sebagai langkah yang harus dilakukan dalam sebuah pemasaran.

Jenis Konsep Pemasaran untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Ada beberapa inti yang harus Anda gunakan sebagai fokus dari pembuatan sebuah konsep pemasaran yang ada dalam bisnis. Beberapa hal yang umum adalah :

  • Kebutuhan Pasar akan sebuah Produk
  • Kualitas Produk yang disediakan
  • Kemudahan Proses Transaksi
  • Kemudahan Jalur Distribusi

Oleh karena itu, Kita akan membahas beberapa jenis konsen pemasaran agar bisa menentukan langkah strategis yang tepat untuk Anda.

Konsep Produksi

Perusahaan yang menerapkan konsep ini lebih berorientasi pada biaya produksi yang seminim mungkin. Sehingga mereka lebih memilih untuk mencari barang yang bisa diproduksi masal & otomatis. Tentu saja dengan memperhatikan ketersediaan bahan baku yang harus mudah didapatkan.

konsep pemasaran produksi

Konsep ini lebih fokus pada penurunan biaya produksi untuk pengadaan produk atau jasa yang lebih murah. Dan sangat bisa diadopsi bagi bisnis yang memiliki jalur distribusi besar.

Kelemahan Konsep ini adalah Kelebihan Stok barang. Hal ini sering terjadi bila Produk yang diproduksi, tidak diserap oleh pasar. Sehingga pada proses validasi pasar tentang Produk sangatlah krusial.

Konsep Kualitas Produk

Untuk jenis konsep pemasaran yang kedua adalah konsep kualitas produk. Konsep ini memiliki fokus dimana perusahaan harus bisa membuat atau memproduksi barang dengan kualitas yang terbaik. Sekaligus harus bisa menarik perhatian konsumen untuk membelinya.

kualitas produk

Sehingga sebelum membuat produk harus dipikirkan bagaimana produk tersebut bisa digunakan secara terus menerus oleh konsumen.

Konsep ini memang berfokus pada kepuasan pelanggan karena memikirkan apa yang akan menjadi kepuasan mereka ketika menggunakan produk. Tapi untuk membuat sebuah produk yang berkualitas, tentu ada standard bahan yang sesuai. Sehingga biasanya produk jadi mahal.

Hal ini tentu tidak menjadi masalah, karena perusahaan bisa menarget pasar yang lebih mapan. Dan menurut hemat saya, strategi ini sangat baik untuk dilakukan mengingat margin keuntungan yang lebih tinggi. Membuat perusahaan bisa bertahan dipasar.

Konsep Penjualan

Perusahaan dengan konsep penjualan memiliki strategi marketing dengan cara membuat cara atau usaha penjualan yang baik. Memang, semua perusahaan tentu memikirkan tentang penjualan.

konsep penjualan

Namun disini, mereka lebih berupaya bagaimana caranya agar supaya bisa menjual atau mempromosikan produk mereka dengan sebaik-baiknya pada konsumen mereka. Memperjelas Target Pemasaran mereka dengan mencari konsumen yang bisa menjadi pelanggan setia produk mereka. Karena biasanya produk mereka dibuat dengan kualitas dan harga yang terbaik.

Produk dari perusahaan ini umumnya dipakai oleh konsumen karena menjadi kebutuhan sehari-hari. Konsumen cenderung menggunakan salah satu jenis produk untuk berbagai kebutuhan harian mereka. Karena sudah tahu dan merasakan sendiri bagaimana kualitas produk tersebut.

Apalagi jika untuk kualitas dan harga produk mereka yang sudah sesuai dengan kemampuan mereka. Maka akan sulit seseorang mau berpindah ke lain produk yang belum tentu memberikan kualitas serta harga yang sama.

Konsep Pemasaran Sosial

Konsep dalam pemasaran yang selanjutnya adalah konsep yang berfokus pada pemasaran atau marketing dalam perusahaan itu sendiri.

pemasaran sosial

Ada perbedaan tersendiri antara yang disebut penjualan dan pemasaran. Jika penjualan adalah sebuah upaya yang lebih menekankan pada jenis produk yang dijual. Sedangkan pemasaran adalah sebuah upaya yang lebih fokus pada kebutuhan dan keinginan dari konsumen target pemasaran produk.

Dengan Konsep ini, tujuan yang utama adalah untuk memproduksi produk yang bisa memuaskan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan. Motto mereka yaitu kepuasan konsumen adalah segalanya. Untuk itu kualitas produk menjadi hal yang utama.

Konsep ini bisa memberikan momentum penjualan yang baik dikemudian hari. Terutama bila pelanggan yang telah mencoba produk, akan mempromosikannya ke kerabat mereka.

Konsep Pemasaran Umum

Konsep pemasaran umum adalah konsep yang memperhatikan keseluruhan aspek yang ada. Dalam konsep ini perusahaan hanya melihat apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Namun juga melihat apa dampak manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat luas.

strategi pemasaran

Misalnya saja pada produk mobil, sebuah perusahaan mobil akan berinovasi untuk membuat sebuah mobil yang hemat bahan bakar. Sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen. Perusahaan akan berusaha membuat mobil yang yang hemat bahan bakar sekaligus ramah lingkungan.

Tujuan konsep ini untuk menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Dalam artian yang mereka pertimbangkan bukanlah kepuasan konsumen yang menggunakan mobil produksi perusahaan tersebut saja.

Namun juga kepuasan masyarakat yang tak ikut menggunakan mobil namun terkena dampak dari polusi yang dikeluarkan oleh mobil tersebut. Jika mobil tersebut juga ramah terhadap lingkungan maka akan semakin banyak konsumen yang menyukai produk mobil dari perusahaan tersebut.

Itulah beberapa jenis konsep dalam pemasaran yang bisa Anda pelajari sebelum membuat konsepnya secara mendalam.

Konsep Pemasaran mana yang Terbaik?

Menentukan mana konsep yang akan dipakai jelas harus memperhatikan jenis produk yang akan dibuat sekaligus target pasarnya. Baru Anda bisa menentukan konsep marketing yang tepat untuk Anda.

strategi pemasaran
mark

Berikutnya ada beberapa hal mendasar untuk Anda ketahui :

Miliki Target Sasaran yang Jelas

Yang pertama adalah apa orientasi dari konsep yang akan Anda terapkan nanti. Siapa target pasar Anda. Apa tujuan akhir yang Anda ingin konsumen Anda dapatkan?

Anda harus fokus pada tujuan utama agar langkah yang diambil pun sesuai rencana.

tujuan yang jelas

Banyak perusahaan yang gagal mencapai target sasaran usaha karena keliru dalam menentukan orientasi dalam pemasaran yang akan dilakukan. Untuk itu penentuan orientasi pun berdasarkan pertimbangan banyak hal dalam usaha marketing dan produksi.

Koordinasi dan Integritas Anggota Perusahaan

Kemudian yang kedua adalah adanya koordinasi dan integritas dalam sebuah perusahaan. Untuk bisa mencapai hal ini diperlukan keberadaan manajer pemasaran. Hal ini agar bisa eksekusi marketing bisa berjalan dengan baik dan maksimal.

pemasaran perusahaan

Manajer pemasaran bertugas untuk mengupayakan agar aktivitas pemasaran bisa berjalan dengan baik. Hal ini sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Ada beberapa kriteria tertentu yang harus dimiliki oleh seorang manajer pemasaran yaitu :

  1. Memiliki kemampuan manajerial yang bagus.
  2. Bisa bekerja dalam tim.
  3. Bisa bekerja dalam tekanan.
  4. Suka tantangan dan pantang menyerah.
  5. Inovatif dan memiliki kreatifitas yang tinggi.

Hal ini sangat diperlukan bagi seorang manajer. Karena persaingan bisnis semakin ketat, berikut juga konsumen yang sudah jauh lebih selektif.

Kepuasan Pelanggan

Keuntungan sebuah perusahaan tidak lepas dari hal terpenting yang satu ini. Kualitas Produk yang Anda tawarkan. Apabila tidak memuaskan keinginan maupun kebutuhan Konsumen, sulit sekali Anda bisa bertahan di pasar.

kepuasan pelanggan

Oleh karena itu, perusahaan harus membuat sebuah produk yang "memuaskan" konsumen. Berikut juga dengan pengalaman mereka saat diawal menemukan produk tersebut.

Jadi jangan fokus pada Produk saja, tapi pada prosesnya. Karena hal ini sangatlah penting di era sekarang. Konsumen ingin mendapatkan kualitas pada semua aspek.

Banyak produk yang kini membuat inovasi, baik disisi kualitas maupun harga yang sebaik mungkin. Tapi sadarkah Anda bahwa konsumen sekarang tidak hanya ingin sekedar hal itu?

Strategi Pemasaran yang Taktis dan Praktis

Siapa yang tidak suka BONUS? Semua orang menyukainya, termasuk saya. 🙂

strategi pemasaran yang praktis

Sadarkah Anda bahwa ini merupakan strategi pemasaran yang juga penting? Taktis dan Praktis sekali lho. Untuk mencapai target pasar secara maksimal.

Anda perlu memperhatikan banyak sudut pandang, agar bisa mendapatkan strategi yang bagus. Walaupun hal ini tidak mudah dilakukan, tapi ada beberapa contoh yang mungkin bisa membantu Anda.

Contoh Aktivitas Pemasaran

Salah satu contoh strategi pemasaran yang sering kita temui adalah Promosi di Pasar Mingguan. Biasanya dibeberapa kota besar ada momen car free day tempat banyak orang yang berkumpul.

stand jualan
stan

Nah momen ini bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk Anda.

Dengan cara membuat stand khusus untuk menjual dan memasarkan produk Anda secara langsung pada konsumen yang berada di lokasi tersebut.

Strategi pemasaran yang selanjutnya adalah strategi yang dilakukan pada supermarket atau minimarket tertentu. Yaitu dengan cara Bundling atau menggabungkan beberapa produk menjadi satu.

Sistem bundling menjadi strategi marketing yang banyak dipakai oleh produk yang secara khusus yang dibutuhkan dalam jumlah banyak.

Jadi konsumen bisa mendapatkan keuntungan lebih hemat atau mendapatkan bonus produk jika membeli produk yang sudah di bundling tersebut.

Ada pula jenis produk yang dijual dengan iming-iming hadiah atau bonus tertentu. Banyak produk susu atau makanan yang dijanjikan berhadiah wadah serbaguna yang biasanya diincar oleh para ibu rumah tangga.

Bahkan ada beberapa produk khusus wanita yang memberikan bonus dompet / pouch sesuai yang dengan kesukaan para wanita.

Inti Strategi Pemasaran yang Tepat

Dari beberapa strategi pemasaran yang kita sudah pelajari diatas. Tentunya bisa disimpulkan bahwa menentukan strategi pemasaran juga harus mengetahui apa yang membuat konsumen tertarik pada sebuah produk.

konsep pemasaran yang tepat

Secara umum konsumen akan lebih tertarik pada produk jika memiliki kualitas yang terbaik, harga bersaing & tampilan yang menarik.

Tapi pastikan Anda menemukan alasan terbesar kenapa konsumen membutuhkan Produk Anda. Dan untuk meningkatkan konversi penjualan, Anda bisa menggunakan Bonus tertentu dari setiap penjualan.

Namun Anda harus mengingat, bahwa kemudahan produk tersebut untuk didapat juga sangat penting. Jalur Distribusi wajib Anda perhatikan, karena ini juga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan Anda. Itulah beberapa hal penting yang harus Anda ketahui khususnya dari sebuah konsep pemasaran dalam sebuah perusahaan.