Kali ini kita akan belajar 7 langkah untuk memulai Bisnis Online yang telah Terbukti menghasilkan. Ini didapatkan dari pengalaman ribuan orang yang memulai dan mengembangkan Bisnis yang Sukses…

Berikut adalah 7 langkah cara memulai bisnis online yang telah terbukti menghasilkan uang :

Langkah 1 : Temukan Apa yang dibutuhkan Orang lain, berikan Solusinya.

Kebanyakan orang yang baru memulai Bisnis Online sering kali membuat kesalahan dengan selalu berusaha mencari Produk apa yang bisa menghasilkan dan mencoba menjualnya…

cara menemukan ide bisnis dari masalah orang lain

Namun menurut saya, cara yang lebih mudah untuk berhasil adalah mulai dengan mencari Pasarnya terlebih dulu.

Anda bisa mencari dimana tempat pasar Anda biasa berinteraksi dan mulai mencari apa permasalahan mereka. Kabar baiknya, Internet membuat proses ini jauh lebih mudah.

  • Mulailah di Grup Facebook yang Anda ingin pelajari Pasarnya, kemudian lihatlah pertanyaan apa sering kali ditanyakan dan masalah apa yang mereka hadapi…
  • Kunjungilah Forum yang relevan dan carilah beberapa permasalahan atau pertanyaan yang belum terselesaikan…
  • Kunjungi beberapa Website Pasar yang ingin Anda Pelajari, untuk melihat bagaimana mereka mengatasi permasalahan pasar. Buatlah catatan…

Selanjutnya, dari apa yang Anda sudah pelajari… Anda bisa mulai membuat produk atas permasalahan yang ada dan membuatnya jauh lebih baik dari produk yang telah ada.

Langkah 2 : Tulis Penawaran yang Menjual.

Produk yang bagus kadang tidak terjual dengan baik apabila Anda tidak membuat penawaran yang menarik… Oleh karena itu, penting untuk memahami cara membuat Penawaran yang Menjual.

membuat penawaran yang menarik

Berikut Formula yang biasa saya gunakan dalam Bisnis Online saya sendiri :

  1. Buatlah Judul yang membangkitkan Hasrat si Pembaca.
    3 Detik pertama adalah momen terpenting dalam penjualan online. Oleh karena itu, Anda harus membuat Judul Penawaran yang Spesifik dan membangkitkan Hasrat si Pembaca.
  2. Jelaskan Masalah yang diatasi oleh Produk Anda.
    Orang bukan membeli Fitur, tetapi membeli manfaat untuk dirinya sendiri. Jadi bicaralah dari sisi bagaimana Produk Anda bisa menjawab masalah mereka.
  3. Munculkan Kredibilitas Anda sebagai Solusi mereka.
    Kredibilitas sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan seseorang pada sebuah Penawaran produk. Anda bisa menggunakan publikasi dari media-media yang memiliki kredibilitas baik, atau mungkin bekerjasama dengan pakar dibidang tersebut.
  4. Tambahkan Testimonial Pengguna Produk Anda.
    Salah satu hal yang seringkali mendorong penjualan adalah Testimonial dari Pengguna Produk Anda sebelumnya. Apabila produk tersebut baru, Anda bisa membagikan Produk itu secara Gratis dan mengumpulkan Testimonial terlebih dahulu.
  5. Jelaskan Manfaatnya untuk si Pembaca.
    Sebagai pemilik Produk tentu Anda bangga dengan produk Anda, tapi Anda harus menyadari bahwa si Pembaca tidak akan membeli apabila dia tidak mengerti apa manfaat produk Anda untuk mereka.
  6. Berikan Penawaran yang Menarik dan Spesifik.
    Setelah Anda membangun minat dan hasrat si Pembaca, berikan mereka Penawaran yang Menarik dan Spesifik. Misal, dalam waktu tertentu, atau dengan batasan tertentu seperti stok terbatas. Hal ini bisa meningkatkan konversi penawaran Anda.
  7. Berikan Garansi yang Jelas dan Kuat.
    Apabila Anda yakin Produk Anda adalah yang Terbaik, tunjukkanlah dengan keyakinan Anda memberikan Garansi kepada si Pembaca. Karena mereka bisa yakin karena Anda sendiri yakin dengan Produk Anda.

Inti dari membuat Penawaran yang Menjual adalah bagaimana Anda “membahasakan” Penawaran Produk Anda dari sisi apa yang didapatkan si Pembaca…

Langkah 3 : Mulailah Buatlah Website untuk Bisnis Online Anda!

Saat Anda sudah menemukan Pasar dan Produk, Anda sudah menentukan proses Penjualan produk Anda. Sekarang Anda sudah siap untuk mulai membuat Website.

membuat website

Tidak perlu yang ribet-ribet, cukup yang simpel saja… Intinya adalah menangkap perhatian si Pembaca dalam 3 detik pertama untuk mau membaca Penawaran Anda di Website tersebut.

Beberapa tips dari saya :

  • Jangan terlalu banyak menggunakan Tipe Font ( Huruf ) dan terlalu banyak menggunakan warna warna dominan yang bertabrakan. Anda bisa menggunakan 2-3 warna saja.
  • Pastikan 1 halaman memiliki 1 tujuan yang jelas bagi si Pembaca. Hindari memberikan banyak pilihan…
  • Buatlah Produk Anda mudah dibeli, untuk Pasar Indonesia yang paling mudah adalah menggunakan tombol dengan link yang tujukan ke Whatsapp Anda.
  • Pastikan website Anda responsif pada perangkat Smartphone.

Di Kelbion Anda juga bisa belajar langsung panduan untuk membuat Website dan Membuat Blog untuk menghasilkan… Klik aja gambar dibawah ini ya…

Langkah 4 : Gunakan Mesin Pencari seperti Google untuk mendatangkan Calon Pembeli Tertarget ke Website Anda.

Pada kasus ini, Anda bisa menggunakan 2 opsi… yaitu menggunakan Metode berbayar atau metode Gratisan ( Organik ).

melakukan optimasi website

Metode berbayar, Anda bisa menggunakan Google Ads, Facebook Ads, atau Instagram Ads. Keunggulannya adalah, Anda bisa dengan cepat mendatangkan pengunjung ke dalam Website Anda…

Metode Organik adalah metode gratisan yaitu dengan menggunakan pengoptimalan website ke mesin pencari atau biasa dikenal Search Engine Optimization.

Organic vs Paid Traffic

Kalau ditanya mana yang lebih baik antara metode organik (SEO) dan Berbayar… Saya menyarankan kedua-duanya.

Karena untuk membangun Website yang baru, proses Organik atau SEO memakan waktu cukup lama, kira-kira sekitar 2-3 bulan untuk mulai menunjukkan hasil.

Jadi diawal Anda bisa membangun Website Anda dengan Metode Berbayar, dan tentu saja Anda harus mulai membangun Website Anda untuk bisa mendapatkan pengunjung secara organik.

Langkah 5 : Tingkatkan Reputasi Diri Anda sendiri.

Salah satu hal penting dalam membangun sebuah Bisnis adalah Reputasi. Orang akan senang membeli langsung kepada seseorang yang memang sudah pakar. Karena mereka ingin hasil yang memuaskan bukan?

mengembangkan brand bisnis

Oleh karena itu, penting sekali Anda meningkatkan Reputasi Diri atau Brand Anda.

Bagaimana cara meningkatkan Reputasi diri Sendiri / Brand Anda?

  • Berikan konten-konten yang membantu dan berkualitas tinggi. Anda bisa membuat dalam bentuk artikel website, video atau konten lainnya yang bermanfaat untuk orang. Kemudian distribusikan kesemua media sosial Anda.
  • Berikan kesempatan untuk pengunjung melakukan “SHARE” agar mereka bisa membagikan konten bermanfaat itu kepada teman-teman mereka.
  • Jadilah aktif dalam forum atau media sosial tempat target market Anda berada.

Langkah 6 : Gunakan Kekuatan Email Marketing untuk mengubah Pengunjung menjadi Pembeli.

Penting sekali untuk memiliki database pada sebuah Bisnis Online. Karena dengan memiliki database Anda bisa melakukan kegiatan pemasaran secara rutin dan reguler.

Salah satu alat yang paling direkomendasikan adalah dengan Email. Dan fakta yang menarik, menurut studi yang dilakukan eMarketer mengenai rata-rata Imbal balik (ROI) dengan metode Email Marketing mencapai 122%.

Ini adalah 4x Lipat dari rata-rata imbal balik ( ROI ) dari media pemasaran lain! Nah mari kita lihat contoh Ilustrasi Pemasaran dengan Email ini…

bisnis online
penjelasan email marketing

Saat Anda membuat sebuah Artikel Blog, Anda bisa memberikan pengunjung sesuatu untuk ditukarkan dengan data mereka (pada kasus ini adalah email) yang dikumpulkan melalui halaman yang dikenal sebagai Opt-In.

Kemudian dari email yang Anda dapatkan itulah, Anda bisa mulai melakukan kegiatan penawaran Produk atau Edukasi atau sekedar memberikan informasi menarik kepada Database Anda.

Hal yang menarik dari Email Marketing adalah saat Anda sudah memiliki Database, Anda tidak lagi perlu mengeluarkan biaya pemasaran dan Anda bisa melakukan follow up kapanpun Anda inginkan.

Beberapa tips dalam Email Marketing adalah :

  • Berikan apa yang Pengunjung Anda inginkan…
  • Bangunlah hubungan jangka panjang dengan mereka…
  • Berikan konten-konten yang bermanfaat untuk mereka…
  • Saat Anda menawarkan sesuatu, ada baiknya Anda menjelaskan keuntungan atau manfaat yang akan mereka dapatkan…

Langkah 7 : Tingkatkan Penghasilan Anda melalui penjualan dibelakang dan Upselling.

Satu hal yang terpenting dalam membangun Bisnis Online yang menguntungkan adalah meningkatkan rata-rata nilai per konsumen. Dan statisik yang menarik adalah 36% orang yang telah membeli Anda 1x mereka akan membeli dari Anda lagi saat Anda menindak lanjuti…

funneling dan upselling

Mencari pembeli lebih sulit daripada mencari langganan…

Jadi pastikan untuk membangun kedekatan hubungan Anda dengan pembeli Anda, sehingga mereka dengan senang hati percaya kepada Anda…

Tips dari saya adalah….

Berikan Penghargaan pada Loyalitas mereka (pembeli Anda) dan mereka akan menjadi Loyal… dan Jujur / Terbukalah kepada mereka…

Perubahan di Internet yang begitu cepatnya, seringkali melupakan nilai-nilai seperti ini… Oleh karena itu, Anda harus mengikuti perkembangan secepatnya…

Kabar baiknya adalah…

Anda bisa bergabung dan belajar bersama di Kelas Bisnis Online (KELBION) Indonesia. Anda bisa lebih cepat membangun Bisnis Online Anda sendiri, karena Anda akan diberikan Panduan lengkap klik per klik sehingga tidak lagi Bingung… ( klik banner dibawah ya )

Semoga bermanfaat! 🙂