Menjadi ibu rumah tangga memang tidak mudah, harus mengurus anak, membersihkan rumah, hingga menyiapkan kebutuhan suami sebelum bekerja. Sedangkan untuk belanja kebutuhan hidup tinggal menunggu suami gajian.

usaha sampingan ibu rumah tangga

Sayangnya, penghasilan suami dirasa masih kurang mengingat kebutuhan hidup terus bertambah. Tidak jarang, banyak ibu rumah tangga yang ikut membantu suami mencari penghasilan tambahan dengan menjalankan suatu usaha.

Ada banyak sekali jenis usaha sampingan ibu rumah tangga yang menjanjikan dengan modal yang tidak terlalu besar. Bahkan, ada juga yang bisa dijalankan di rumah sambil mengurus anak loh. Penasaran ?

Berikut ini jenis usaha sampingan yang bisa dikerjakan ibu rumah tangga :

Les Sekolah

Pengalaman ketika dulu belajar di sekolah atau kuliah bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dengan membuka usaha les sekolah muai dari SD, SMP hingga SMA. Sedangkan untuk tempatnya, bisa menggunakan ruang tamu di rumah.

Selain itu, Anda juga bisa membuka les private dengan datang ke rumah para siswa. Untuk permulaan, Anda bisa mematok tarif murah sebagai perkenalan. Jika sudah mulai ramai, Anda bisa naikan lagi tarifnya sesuai harga pasaran les atau bimbel pada umumnya.

Membuat Aneka Makanan

Makanan merupakan salah satu jenis usaha yang paling awet. Inilah usaha sampingan yang sangat cocok untuk ibu rumah tangga, apalagi yang hobi memasak. Anda bisa membuat aneka makanan menarik seperti nasi goreng bentuk lucu, kue, cemilan ringan dan lainnya.

Promosikan ke tetangga sekitar dengan membawa samplenya. Mintalah saran dari mereka sehinga bisa menjadi bahan evaluasi untuk masakan Anda nantinya.

Jika Anda sudah yakin maka promosikan makanan buatan Anda secara luas melalui media online seperti social media, website dan forum.

Kursus Masak

Jika sebelumnya membuat makanan, usaha yang satu ini mengajarkan cara membuat makanan atau kursus masak. Jangan salah loh, ternyata masih banyak ibu rumah tangga yang belum bisa memasak, apalagi mereka yang baru menikah.

Anda bisa membuka kursus masak di rumahh, buat spanduk dan brosur sebagai alat promosinya. Manfaatkan teras rumah untuk tempat kursus, sedangkan untuk peralatannya bisa menggunakan peralatan memasak yang biasa Anda pakai di dapur.

Menjalankan Bisnis Online

Ada banyak jenis usaha sampingan yang bisa dijalankan secara online atau lebih dikenal bisnis online, seperti affiliate marketing, menjadi blogger dan youtuber, dan jualan di marketplace. Menjalankan bisnis online sangat menguntungkan karena tingkat pembelian barang atau produk secara online terus meningkat dari tahun ke tahun.

Kursus Tata Rias

Buat ibu-ibu yang suka dandan atau jago make up maka bisa memanfaatkan keahlian tersebut untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dengan membuka kursus tata rias. Peralatan yang dibutuhkan sudah pasti peralatan make up dan meja rias.

Modal awalnya relatif terjangkau mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 15 juta (untuk skala yang lebih besar).

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan membuka Salon Rumahan

Jika Anda hobi ke salon untuk potong rambut, rebonding, pedicure dan lainnya. Kini waktunya memanfaatkan kebiasaan Anda tersebut untuk menghasilkan uang, caranya dengan membuka salon rumahan.

Namun, memang dibutuhkan keahlian khusus maka dari itu sebaiknya Anda mengikuti kursus salon terlebih dahulu. Modal yang dibutuhkan kurang lebih Rp 3 juta – Rp 5 juta, bisa dibilang sangat minim modal karena Anda tidak harus menyewa tempat.

Itulah aneka usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa dijalankan dengan modal minim. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, Anda tetap bisa mengurus rumah dan merawat anak secara bersamaan. Asyik banget kan, sambil mengurus anak bisa dapat uang.